Sabtu, 03 Oktober 2015

CARA MAKE UP YANG HITS



Ok, jumpa lagi dengan Catatan Soentono. Kali ini Soentono akan membagikan beberapa tips tentang Make Up. Namun berhubung penulis tidak mengerti tentang Make Up, maka semua isi artikel berikut ini hanyalah hasil dari copy paste beberapa sumber yang telah diedit sedikit di sana-sini tanpa mengurangi isi materi. Yuk mari kita Sinau bersama..........

Yang pertama, kita awali dengan tips cara Make Up yang sesuai dengan warna kulit.

Tips cara berdandan, tata rias, dan make up untuk kulit kuning langsat, sawo matang, maupun kulit gelap, tentu berbeda beda. Warna kulit memang berpengaruh terhadap jenis tata rias yang serasi. Berikut adalah beberapa panduan dalam merias sesuai dengan warna kulit yang ada.

WARNA KULIT SAWO MATANG
Untuk Kulit: 
Campurkan (blending) alas bedak cair warna sedang dan warna gelap di punggung tangan. Lalu oleskan sedikit demi sedikit dengan spons secara merata.

Untuk Mata: 
Sapukan perona mata warna cokelat matte untuk hasil paling natural. Lalu, aplikasikan eyeliner hanya di bagian atas area dalam. Untuk maskara, pilih warna cokelat tua hingga hitam.

Untuk Pipi: 
Baurkan perona warna peach yang cenderung cokelat. Agar praktis, bisa juga menggunakan bronzer warna serupa untuk hasil yang lebih eksotis.

Untuk Bibir: 
Pertama, oleskan lipstik matte warna nude pucat, lalu lapisi dengan lip gloss warna bening.

WARNA KULIT GELAP
Untuk Kulit: 
Biasanya daerah mata cenderung lebih gelap. Agar terlihat alami, tak perlu concealer, cukup foundation saja. Aplikasikan alas bedak warna gelap dengan spons secara merata. Setelah menggunakan bedak, sapukan shimmer powder warna gading pada tulang pipi bawah mata tipis-tipis.

Untuk Mata: 
Gunakan eyeliner warna abu-abu hanya di bagian atas mata. Bubuhkan eye shadow warna tembaga untuk hasil paling alami. Untuk sapuan bebas gumpalan, pilih maskara dengan ujung bulat dan oleskan pada bulu mata secara individu.

Untuk Pipi: 
Perona warna cokelat paling aman untuk kulit ini. Untuk kesan glowing, pulaskan shimmering powder warna tembaga atau bronzer.

Untuk Bibir: 
Oleskan lipstik shimmer warna cokelat muda

WARNA KULIT KUNING LANGSAT
Untuk Kulit: 
Pilih alas bedak dengan dasar warna agak kekuningan. Caranya, dengan menyampurkan dua sampai tiga warna bergradasi, lalu baurkan dengan spons.

Untuk Mata: 
Bubuhkan eyeliner warna cokelat di bagian atas mata. sapukan perona mata warna cokelat di kelopak, serta warna peach kecokelatan di tulang alis. Untuk bawah mata, beri make up perona warna cokelat tua tipis-tipis. Terakhir, gunakan maskara warna hitam.

Untuk Pipi: 
Bubuhkan perona warna peach untuk hasil yang segar.

Untuk Bibir:
Oleskan lipstik warna pink nude. Untuk kesan seksi, bubuhkan lagi dengan lip gloss bening.

WARNA KULIT PUTIH
Untuk Kulit: 
Pilih alas bedak yang mendekati warna kulit, berbentuk krim atau cair. Gunakan kuas besar yang diberi sedikit air. Oleskan sedikit demi sedikit agar hasilnya tidak terlalu putih di wajah.

Untuk Mata: 
Agar terlihat segar, tak perlu eyeliner. Cukup bubuhkan perona mata shimmer warna cokelat kekuningan dan sedikit cokelat tua. Agar praktis, oleskan perona mata berbentuk krim, seperti sheer pink, dan akhiri dengan volumizer mascara.

Untuk Pipi: 
Perona warna pink muda paling cocok untuk kulit putih. Sebaiknya, gunakan kuas besar agar hasilnya alami.

Untuk Bibir: 
Gunakan pensil lipstik warna pink tua untuk membuat garis tepian pada bibir, setelah itu oleskan lip gloss yang berwarna sedikit lebih muda secara merata.

Demikian tips cara Make Up yang sesuai dengan warna kulit anda. Berikutnya, kita akan Sinau bagaimana cara Make Up yang benar agar terlihat cantik alami.

Merias wajah agar terlihat cantik sangat dipengaruhi dengan bagaimana cara make up kita dan tata rias yang dipakai. Maka tutorial praktis berikut bisa jadi panduan yang bisa digunakan agar bisa tampil cantik seperti artis yang sering tampil cantik sempurna.

1. Dasar harus prima 
Alas bedak cair harus diratakan dengan spons, jangan jemari. Cara meratakannya adalah ditekan-tekan, tidak dipulaskan dengan gerakan memutar seperti memulas bedak.  Untuk tata rias alas bedak jenis krim, bisa diaplikasikan dengan beberapa cara, yaitu dengan jari, spons, dan kuas. Semuanya bisa memberi hasil yang bagus.  Namun, pastikan tangan bersih dan sudah dicuci saat memulas dengan jemari. Bila menggunakan kuas, aplikasikan tipis-tipis dan perlahan. Lebih baik melakukannya berulang-ulang dengan tarikan yang tipis daripada tebal sekaligus. Untuk alas bedak berjenis matte, pengaplikasian harus cepat karena teksturnya  cepat kering dan mudah menggumpal. Jadi, butuh tangan yang terampil dan tentu saja latihan yang cukup saat mengaplikasikannya agar make up terlihat cantik.

2. Teknik memulas bedak
Sebelum memulas bedak, Anda perlu  yakin dulu berapa ketebalan yang diinginkan.  Untuk hasil yang tebal, misalnya untuk riasan pesta atau panggung, sebaiknya diaplikasikan dengan spons, dengan cara  ditepuk- tepuk. Sesudahnya,  penting sekali melakukan finishing dengan kuas (finishing brush) . Pilih bulu kuas yang berkualitas baik, yang bisa memberikan hasil akhir yang halus dan rata, serta bisa menutup noda dengan baik. Bila ingin hasil merias wajah yang natural atau tipis, alternatifnya adalah memilih jenis bedak tabur .

3. Bibir sensual
Untuk pengaplikasian lipstik, ada trik-trik tersendiri. Masalah klasik adalah keluhan bibir kering dan pecah-pecah. Atasi dengan mengoleskan lip balm terlebih dahulu, tunggu hingga menyerap, baru mengoleskan lipstik. Masalah lain yang sering muncul adalah kulit bibir yang cenderung gelap. Masalah ini cukup sering ditemukan pada kulit wanita Indonesia. Triknya adalah jangan mengaplikasikan lipstik secara langsung, agar make up terlihat natural. Gunakan lipstik warna gelap dahulu pada bibir, setelah itu timpa dengan alas bedak, lalu pulaskan warna terang atau warna yang diinginkan. Pulaskan tipis-tipis saja agar wajah terlihat lebih natural. Untuk memberi volume pada bibir tipis, gunakan lipliner untuk membingkai bibir, pilih yang berwarna senada dengan lipstik. Setelah itu, ‘isi’ dengan lipstik yang mengandung shimmer, lalu pulaskan lipgloss.

4. Pipi merona
Perona pipi merupakan sentuhan akhir yang cukup tricky, karena perlu keahlian dalam mengaplikasikannya. Bila hasilnya halus, wajah langsung terlihat cerah. Bila tidak pas, wajah bisa terlihat seperti badut. Trik untuk penggunaan make-up blush on juga tergantung pada teksturnya. Bila perona pipi berjenis krim, lebih baik diaplikasikan pada wajah yang benar-benar bersih dari make up, tanpa alas bedak dan bedak. Berbeda dengan perona pipi jenis padat, yang bisa diaplikasikan di atas bedak dan sebaiknya menggunakan kuas halus. Triknya tata rias agar terlihat natural adalah gunakan dua warna perona pipi, yang berwarna lebih gelap dan yang berwarna sesuai dengan warna kulit. Warna yang lebih gelap ditujukan sebagai shading  pada pipi dan memberi ilusi kesan pipi yang tirus. Saat mengaplikasikan, kembangkan senyum pada wajah. Pulaskan terlebih dahulu yang berwarna gelap dari arah telinga, lalu tambahkan yang berwarna terang pada tonjolan tulang pipi . Hindari memulas di bawah tulang pipi, karena efek yang dihasilkan biasanya kurang cantik dan membuat tulang pipi terkesan tidak natural.

5. Bulu mata
Sebelum menggunakan maskara, lentikkan dahulu bulu mata dengan penjepit bulu mata, lalu aplikasikan maskara dari pangkal bulu mata, dilanjutkan ke bagian ujung. Dalam mengaplikasikan, kuncinya adalah kestabilan tangan dan kecepatan tangan yang harus dijaga,  karena maskara mudah mengering saat terkena udara sehingga mudah menggumpal. Bagi yang menyukai gaya natural, gunakan kuas maskara berbulu tipis.
.
6. Mata pun ‘bicara’ 
Cara paling tepat mengaplikasikan eyeliner cair adalah dari luar garis mata ke dalam, sehingga ujung garis bertemu di tengah, dan garis yang dihasilkan tidak menipis di area ujung mata. Ketika memakai eyeliner padat (berbentuk perona solid), celupkan terlebih dahulu kuas eyeliner ke dalam  air,  lalu ambil sedikit eyeliner padat, barulah mulai mengaplikasikan. Namun, trik cantik ini hanya berhasil bila kelopak mata termasuk besar dan lipatan mata tidak bersinggungan dengan garis eyeliner. Eyeliner padat memang lebih cocok untuk mata berkelopak besar, karena sifatnya yang tidak tahan lama dan bisa menempel pada lipatan kelopak mata.

7. Alis yang prima
Saat menggambar alis, pastikan pensil alis memenuhi satu syarat, yaitu ujungnya agak meruncing dan empuk. Aplikasikan secara perlahan, agak mengambang dan tidak ditekan, karena bila ditekan hasilnya akan terkesan tidak natural  dan terlalu tebal.

8. Menutup Sempurna
Masalah yang sering muncul saat menggunakan concealer adalah hasilnya belang dengan warna bedak. Triknya mudah sekali, pilih jenis concealer cair, karena cenderung lebih mudah diaplikasikan dibandingkan jenis krim atau stik. Selanjutnya ratakan  dengan kuas concealer agar membaur dengan warna kulit. Bila Anda lebih senang memilih concealer stik, tak masalah. Triknya, aplikasikan dengan jemari. Letakkan di jari manis dan tutulkan pada wajah. Cara ini lebih memberi hasil yang halus ketimbang mengaplikasikan langsung dari stiknya. Perlu diketahui, concealer bisa digunakan sebelum, dan juga pada saat finishing make up, tergantung seberapa tebal bagian yang ingin ditutupi.

9. Bye-bye mata sipit
Bagi Anda yang bermata sipit, untuk mendapatkan efek mata yang lebih besar, kuncinya adalah menggunakan riasan warna gelap pada mata, bisa  warna  hitam, abu-abu, bahkan ungu tua. Untuk memberi lipatan  pada kelopak mata, gunakan scotch tape, dan tambahkan bulu mata palsu tipis agar mata lebih bersinar.

10. Hidung mancung
Membuat shading pada hidung agar terlihat mancung harus ekstra hati-hati. Baurkan shading   tipis-tipis. Penggunaan warna gelap secara berlebihan akan memberikan efek palsu pada hidung. Hati-hati juga dalam memulaskan panjang bayangan. Karena, makin ke pangkal hidung, efek mancungnya  makin dalam. Jadi, pastikan  dulu, seberapa dalam efek mancung yang diinginkan. Untuk sentuhan akhir, bubuhi bedak di atas garis shading, agar warna shading lebih halus dan natural
demikian Tips Merias Wajah agar Cantik, beserta tutorial praktis cara make up  dan menggunakan tata rias yang dipakai.


Baiklah para pencari wawasan, demikian Sinau kita kali ini tentang cara Make Up yang hits. Semoga bermanfaat.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar